Peraturan YouTube Terbaru Tahun 2018



Peraturan YouTube 2018 - Mungkin sudah banyak yang tahu tentang aturan YouTube 2018. Namun banyak juga yang masih bingung dalam menganalisa/ menafsirkan peraturan YouTube baru tersebut.

Oleh sebab itu maka pada postingan kali ini saya akan coba memaparkan Peraturan YouTube tahun 2018 tersebut menurut analisa saya pribadi sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki. Jadi jangan dijadikan acuan 100 persen ya?

Baiklah, sebelum masuk ke inti permasalahan, mari kita simak terlebih dahulu isi dari peraturan YouTube tersebut yang saya kutip dari halaman Bantuan YouTube.

Pada tanggal 16 Januari 2018, kami mengumumkan persyaratan kelayakan baru untuk Program Partner YouTube. Begitu sebuah channel mencapai 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan memiliki 1.000 subscriber, channel tersebut akan ditinjau untuk mengikuti program ini.

Berdasarkan isi dari aturan YouTube tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa agar bisa mengikuti Program Partner YouTube (supaya video bisa dimonetisasi/ ‘diuangkan’) maka channel kita harus memenuhi dua syarat, sebelum pihak YouTube melakukan peninjauan secara manual dan memutuskan kelayakan channel yang bersangkutan. Dua syarat tersebut adalah tentang Waktu Tonton dan tentang Jumlah Subscriber.

Berikut penjelasannya:


1. Waktu Tonton

Dalam peraturan YouTube 2018 tersebut dijelaskan bahwa channel harus mendapatkan 4.000 jam waktu tonton dalam waktu 12 bulan terakhir. Karena menggunakan kata "channel" maka dapat disimpulkan bahwa maksud waktu tonton disini dihitung berdasarkan total waktu tonton keseluruhan video, bukan jumlah waktu tonton per video. Dan dihitung dalam satuan jam bukan satuan menit. 4.000 jam tonton tersebut harus terpenuhi dalam jangka waktu 12 bulan  terakhir.

Sebagai ilustrasi, perhatikan contoh dibawah ini:

Channel A berumur 2 tahun dan mendapatkan total waktu tonton sebanyak 5.000 jam dengan rincian sebagai berikut:
- Tahun pertama (12 bulan pertama) mendapatkan jam tonton sebanyak 2.000 jam.
- Tahun kedua (12 bulan terakhir) mendapatkan jam tonton sebanyak 3.000 jam

Kesimpulan: 
Berdasarkan aturan baru YouTube 2018, maka channel A belum layak/ belum memenuhi syarat untuk mengikuti Program Partner YouTube karena tidak mendapatkan waktu tonton sebanyak 4.000 jam dalam waktu 12 bulan terakhir walaupun channel tersebut telah melebihi 4.000 jam waktu tonton jika dihitung secara keseluruhan.


2. Jumlah Subscriber

Berdasarkan peraturan YouTube terbaru, dapat disimpulkan bahwa channel harus mendapatkan 1.000 subscriber dalam waktu yang tidak ditentukan. Hal ini berbeda dengan syarat pertama yaitu tentang jam tonton, yang mana harus tercapai dalam waktu 12 bulan terakhir. Sedangkan untuk subscriber jumlahnya tidak harus didapatkan dalam waktu 12 bulan terakhir, boleh lebih dari 12 bulan (terhitung sejak awal membuat channel YouTube).

Bingung?

Agar lebih paham berikut ini contohnya:

Channel A berumur 2 tahun dan memiliki total jumlah subscriber sebanyak 1.000 dengan rincian sebagai berikut:
- Tahun pertama (12 bulan pertama) mendapatkan subscriber sebanyak 400.
- Tahun kedua (12 bulan terakhir) mendapatkan subscriber sebanyak 600.

Kesimpulan:
Berdasarkan peraturan terbaru YouTube 2018 maka channel A telah memenuhi syarat jumlah subscriber.

Kesimpulan

Karena antara syarat pertama dan kedua menggunakan kata “dan” maka dapat disimpulkan bahwa kedua syarat tersebut (waktu tonton dan jumlah subscriber) harus terpenuhi agar channel bisa diajukan untuk mengikuti Program Partner YouTube.


Itulah sekilas analisa saya mengenai peraturan YouTube terbaru 2018, jika ada yang salah atau kurang silahkan berikan masukan dan tanggapan dikolom komentar.

Selamat berkreasi para YouTuber dan tetap semangat!
Bagikan Tulisan ini ke:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.