Cara Melihat Penghasilan Youtube Orang Lain


Ilustrasi Cara Melihat Penghasilan Youtube Orang Lain

Bagi yang suka nonton video secara online, saya rasa tidak asing lagi dengan situs yang bernama YouTube. Namun tahukah kamu bahwa situs ini juga bisa dijadikan salah satu sumber penghasilan. Jika digarap dengan serius, tidak tanggung-tanggung kamu akan bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah perbulannya dari video yang kamu upload di YouTube.

Sebut saja channel YouTube Primitive Technology. Taksiran penghasilan yang berhasil diraup YouTuber (sebutan bagi pembuat konten YouTube) asal luar negeri ini mencapai angka dikisaran USD 13.500 hingga USD 216.400 perbulan. Anggap saja kurs Rupiah terhadap USD adalah 13.000, maka nilainya sekitar 175,5 juta Rupiah sampai dengan 2,8 miliar Rupiah yang berhasil diraup dalam sebulan oleh channel ini. Nilai yang fantastis bukan? Sementara penghasilan YouTuber asal Indonesia, misalnya channel TuahRaja yaitu dikisaran USD 495 sampai dengan USD 7.900. Dengan cara perhitungan yang sama seperti diatas maka taksiran pendapatan TuahRaja diantara 6,4 juta Rupiah sampai dengan 102 juta Rupiah perbulan.

Baca Juga: Darimana Youtuber Dapat Uang?

Lantas darimana saya mendapatkan informasi tersebut?

Informasi ini saya dapatkan dari situs SocialBlade.

SocialBlade adalah salah satu situs yang menyediakan fasilitas untuk melihat informasi penghasilan yang didapatkan oleh seorang YouTuber. Di SocialBlade kamu bisa melihat perkiraan penghasilan perhari perbulan atau pertahun dari channel YouTube seorang YouTuber. Tak hanya itu, disitus ini kamu juga bisa melihat statistik jumlah kunjungan serta berapa banyak jumlah subscriber atau pelanggan dari channel YouTube yang bersangkutan.

Jika kamu juga tertarik dan penasaran ingin melihat penghasilan channel YouTube orang lain, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka situs YouTube atau klik tautan berikut ini YouTube

2. Klik nama channel yang akan dilihat penghasilannya. Sehingga nantinya kamu akan diarahkan ke halaman beranda channel yang bersangkutan.

Keterangan: Saya menggunakan channel Primitive Technology sebagai contoh.
klik nama channel youtube

3. Setelah berada dihalaman beranda channel yang bersangkutan, lalu copy url channel tersebut.


4. Kunjungi situs SocialBlade atau klik tautan berikut ini SocialBlade

5. Pada kotak isian di pojok kanan atas, silahkan paste url channel YouTube yang sudah dicopy tadi kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.

6. Tunggu sesaat hingga situs SocialBlade menampilkan statistik channel yang bersangkutan. Perhatikan bagian tengah halaman. Disitu terdapat informasi mengenai grade channel, rangking berdasarkan jumlah subscriber, penghasilan perbulan, penghasilan pertahun dan lain sebagainya, seperti gambar dibawah ini.

Keterangan: Yang saya lingkari adalah kisaran penghasilan perbulan dari channel yang bersangkutan.

Keterangan: gambar dibawah ini adalah statistik harian channel youtube yang bersangkutan.


Itulah cara untuk melihat penghasilan youtube orang lain. Walaupun hasilnya berupa perkiraan dengan rentang nominal tertentu namun setidaknya bisa menjadi gambaran seberapa besar penghasilan yang didapat oleh seorang YouTuber.

Sekarang apakah kamu juga tertarik ingin menjadi seorang YouTuber?
Bagikan Tulisan ini ke:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.