Pengertian Email Beserta Penjelasannya


Ilustrasi Email

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian email, fungsi serta situs jasa layanan email.

Pengertian Email

Bagi kamu yang belum tahu apa itu email, berikut ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian email yang saya kutip dari situs Wikipedia.

Email dalam bahasa Indonesia disebut dengan surat elektronik atau pos elektronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jaringan komputer.

Dilihat dari pengertian diatas maka ada kesamaan fungsi secara umum antara email dengan berkirim surat secara manual melalui jasa pos yaitu sama-sama berupa sarana untuk saling berkirim surat. Perbedaannya adalah terletak pada wujud dan metodenya. Jika secara manual, surat yang akan dikirim wujudnya berupa kertas yang berisi pesan dan dikirim menggunakan alat transportasi ke alamat tujuan sehingga memakan waktu beberapa hari bahkan berminggu-minggu hingga surat sampai ketempat yang dituju. Sementara jika berkirim surat menggunakan email maka pesan atau surat yang akan dikirim hanya berbentuk tulisan saja, tidak ada wujud fisiknya. Dan pengirimannya pun cepat karena menggunakan sistem jaringan komputer. Saat itu kamu mengirim surat atau pesan maka saat itu juga pesan yang dikirim langsung sampai kealamat yang dituju.

Fungsi Email

Selain sebagai sarana berkirim surat, email juga memiliki fungsi lain. Berikut adalah macam-macam fungsi dan kegunaan email:

1. Sarana untuk berkirim surat. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa fungsi utama email adalah sebagai media untuk berkirim surat atau pesan.

2. Sebagai sarana untuk berkirim file. File yang dikirim bisa berformat gambar, berformat dokumen, berformat  video dan lain sebagainya. Misalnya untuk mengirim file foto atau file ijazah saat kamu melamar kerja secara online.

3. Sebagai tanda pengenal dan syarat untuk mendaftar di situs tertentu. Misalnya ketika mendaftar di situs media sosial seperti Facebook, Twitter atau ketika mendaftar di sebuah forum seperti Kaskus. Jika ingin memiliki akun keanggotaan disitus tersebut maka calon anggota diwajibkan untuk memiliki email sebagai syarat pendaftaran akun. Email ini nantinya berguna ketika calon anggota akan melakukan konfirmasi pendaftaran disitus yang bersangkutan. Selain contoh yang saya sebutkan diatas masih banyak contoh situs lainnya yang mewajibkan calon anggotanya untuk mempunyai email, sebut saja seperti situs YouTube, Tokopedia, Bukalapak, PayPal dan lain sebagainya.

4. Sebagai sarana promosi.
Contohnya ketika seseorang telah menjadi anggota disitus tertentu adakalanya situs yang bersangkutan terkadang akan mengirimkan pesan berisi iklan. Pesan ini dikirim oleh situs yang bersangkutan kealamat email yang digunakan oleh anggota pada saat melakukan pendaftaran di situs tersebut. 

Situs Jasa Layanan Email

Hingga saat ini sepengetahuan saya ada terdapat lebih dari 10 situs jasa layanan email. Diantaranya adalah Gmail, Yahoo, Yandex, AIM mail dan lain sebagainya. Setiap layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Misalnya dari segi batas maksimal ukuran file lampiran, ada yang menyediakan kapasistas sampai 25 MB untuk total sekali kirim file lampiran namun ada juga yang dibawah 25 MB. Sementara itu jika dilihat dari jumlah pengguna, Gmail merupakan layanan email yang paling banyak digunakan termasuk di Indonesia.

Itulah pengertian email, fungsi email beserta contoh situs jasa layanan email. Jika ada yang kurang dan mau menambahkan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini.
Bagikan Tulisan ini ke:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.