Cara Membuat Akun Google Di Laptop, Netbook, Komputer atau PC Untuk Pemula



Sebelum masuk ke tutorial cara membuat akun Google, saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang akun Google.

Menurut halaman bantuan Google, akun Google berfungsi sebagai master info masuk Google yang terdiri atas alamat email dan sandi tunggal.

Kenapa disebut sebagai master info masuk?

Seperti yang diketahui bahwa Google merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dibidang jasa dan produk internet yang memiliki bermacam produk, diantaranya Gmail, Blogger, YouTube, Google Adsense, Google Play Store dan berbagai produk lainnya. Agar bisa memiliki akun di masing-masing produk tersebut, kita sebagai pengguna diharuskan mendaftar dan memiliki akun Google terlebih dahulu. Nantinya alamat Email dan Sandi yang dibuat pada saat pendaftaran di akun Google tersebut bisa digunakan untuk Sign In kesemua produk Google. Artinya cukup dengan satu alamat email dan satu sandi saja, sudah bisa digunakan untuk mengakses semua produk Google, inilah yang dimaksud dengan master info masuk.

Lalu bagaimana cara membuat akun Google?

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat akun Google melalui laptop, netbook, komputer atau PC beserta gambar dan keterangannya.

1. Klik tautan berikut ini: Daftar Akun Google

2. Berikut ini adalah screenshot/ gambar halaman pendaftaran akun Google.

3. Isi Nama Depan dan Nama Belakangmu pada kotak isian yang disediakan. Saya menggunakan nama Diki Syahputra sebagai contoh.

4. Masukkan Nama Pengguna. Saya menggunakan Nama Pengguna dikisyahputra92 sebagai contoh. Lebih lengkapnya Nama Pengguna saya berarti dikisyahputra92@gmail.com Nama pengguna ini nantinya otomatis menjadi alamat email saya. Ingat Nama Pengguna/ alamat emailmu dengan baik, kalau perlu dicatat agar tidak lupa sebab Nama Pengguna/ alamat email ini nantinya dibutuhkan untuk Sign In ke semua produk Google.

Catatan: 
Jika nanti muncul keterangan berupa tulisan berwarna merah itu tandanya ada kesalahan saat pengisian atau Nama Pengguna sudah ada yang memakai, silahkan ganti dengan nama lain atau tambahkan angka dibelakang Nama Pengguna.

5. Pada kotak isian Buat Sandi, ketikkan Sandi minimal 8 karakter. Pada contoh ini saya membuat Sandi sebanyak 12 karakter. Sandi boleh berupa angka, huruf, tanda baca atau gabungan ketiganya. Demi keamanan, jangan gunakan tanggal lahirmu sebagai Sandi. Sama seperti alamat email, Sandi inipun juga dibutuhkan saat nantinya kamu Sign In.

6. Pada kotak isian Konfirmasi Sandi Anda, masukkan Sandi yang sama seperti Sandi yang kamu buat pada langkah Nomor 5.

7. Masukkan Tahun Lahirmu, klik/ pilih Bulan Lahirmu dan masukkan Tanggal Lahirmu. Sebagai contoh, saya memasukkan Tahun Lahir 1992 Bulan Februari dan Tanggal 16.

8. Pada Pilihan Gender, pilih jenis kelaminmu. Contohnya Pria.

9. Masukkan nomor hp/ ponsel mu. Nomor ponsel yang kamu masukkan harus nomor ponsel yang masih aktif. Contoh, saya memasukkan nomor ponsel 085298985474.
Catatan:
Angka Nol diawal nomor ponsel tidak usah dimasukkan. Langsung saja ketik 8 dan seterusnya.

10. Pada kotak isian Alamat Email Saat Ini boleh dikosongkan saja.

11. Pilih Lokasi Indonesia.

12. Jika tidak ada kesalahan dan semua data telah diisi dengan benar klik tombol Langkah Berikutnya.

13. Berikut ini adalah halaman Privasi dan Persyaratan Akun. Halaman ini berisi tentang persyaratan dan ketentuan yang berlaku bagi pengguna akun Google. Gulir kebawah untuk membaca selengkapnya.

14. Pada bagian bawah halaman Privasi dan Persyaratan klik tombol Saya Setuju.

15. Jika muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, tandanya Google meminta kamu melakukan verifikasi. Masukkan saja nomor ponsel yang sama seperti nomor ponsel yang kamu masukkan dilangkah 9. Lalu pilih/ klik metode Text message (SMS) dan klik tombol Continue.

Namun jika tidak muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, maka lewati langkah ini dan langsung saja ikuti langkah yang ke 18.

16. Tunggu beberapa saat hingga kamu menerima sms dari Google. Biasanya kode verifikasi berupa 6 digit angka.

17. Masukkan nomor kode verifikasi yang dikirimkan oleh Google dan klik tombol Continue.

18. Sampai dilangkah ini Akun Google mu sudah jadi. Klik saja tombol Continue.

19. Sekarang akun Google mu sudah bisa digunakan.


Itulah langkah-langkah cara membuat akun Google melaui laptop, netbook, komputer atau PC. Nama Pengguna (alamat email) dan Sandi akun Google yang sudah kamu buat tadi bisa juga digunakan untuk masuk/ Sign In ke Gmail, Youtube, Google Plus, Google Play Store dan produk Google lainnya.

Semoga bermanfaat.
Bagikan Tulisan ini ke:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.