Darimana Youtuber Dapat Uang?


Ilustrasi Seorang Youtuber

Bagi sebagian orang mungkin masih banyak yang bingung dan bertanya-tanya bagaimana bisa seorang YouTuber (sebutan bagi pembuat konten YouTube) mendapatkan uang dari video yang diuploadnya di situs YouTube. Darimana sih asal uangnya? Padahal ketika ada yang menonton video mereka, mereka para YouTuber tidak pernah meminta bayaran sepeserpun alias gratis. Walaupun sebenarnya ada juga sih video yang berbayar dengan sistem berlangganan namun sampai saat ini di tahun 2017 sepengetahuan saya metode tersebut hanya berlaku bagi YouTuber yang berasal dari Amerika saja.  Kalau begitu, lantas darimana dong asal uang YouTuber pada umumnya?

Setidaknya  ada 2 macam cara yang bisa menjadi sumber penghasilan bagi seorang YouTuber.

1. Penghasilan yang didapat dari iklan atas kerjasama dengan pihak YouTube/ Google.


Cara ini adalah metode yang paling banyak dipakai oleh YouTuber negara manapun. Intinya seorang YouTuber bersedia untuk dipasangkan iklan di video mereka menggunakan sistem bagi hasil dengan pihak YouTube. Dalam istilah YouTube hal ini disebut dengan monetization. Salah satu syarat monetization yaitu YouTuber dalam hal ini disebut sebagai pihak publisher (penayang iklan) diharuskan memiliki akun Google Adsense dan mengaitkannya dengan channel YouTube miliknya. Sementara iklan yang nantinya akan muncul di video adalah iklan dari para advertiser (sebutan bagi pengiklan) yang menerbitkan iklan di Google AdWords. Advertiser ini bisa berbentuk perusahaan ataupun perorangan. Untuk bisa menerbitkan iklan di Google AdWords maka pihak advertiser harus mengeluarkan sejumlah biaya. Sedangkan YouTube, Google Adsense dan Google AdWords itu sendiri merupakan suatu produk yang tersistem dan saling berkaitan yang dimiliki oleh Google sebagai induk perusahaannya.

Makanya ketika kita menonton video di YouTube terkadang muncul iklan berbentuk video diawal sebelum video yang sebenarnya dijalankan. Terkadang juga iklan tersebut muncul ditengah video mirip seperti iklan yang muncul ketika kita sedang menonton acara di televisi. Selain iklan berbentuk video, YouTube juga menyediakan iklan dengan format gambar. Iklan jenis ini biasanya tampil dibagian bawah video yang sedang diputar dan berbentuk gambar. 

Jadi kesimpulannya, sebenarnya pihak advertiser inilah yang membayar/menggaji para YouTuber namun melalui perantara Google (YouTube, Google Adsense, Google AdWords). Besaran penghasilan yang didapat oleh YouTuber bergantung pada banyak faktor, diantaranya berdasarkan jumlah tayangan iklan dan jumlah klik iklan yang didapat oleh YouTuber.

2. Penghasilan yang didapat dari individu atau perusahaan yang bekerjasama langsung dengan YouTuber. 


Jika cara pertama penghasilan adalah berasal dari iklan atas kerjasama pengiklan dan YouTuber yang diperantarai oleh Google maka dicara yang kedua ini materi iklan berasal dari pengiklan langsung tanpa melalui perantara Google. Tetapi iklan yang dimaksud disini metodenya berbeda dengan cara yang pertama. Dicara yang kedua ini konten iklan tidak tampil dalam bentuk format gambar ataupun format video seperti cara yang pertama tadi namun iklan yang dimaksud lebih berbentuk review/ulasan produk. Namun terkadang bisa saja cara mempromosikannya tidak terlalu kentara, seperti yang dilakukan oleh PewDiePie (salah seorang YouTuber gamer) yaitu dengan cara hanya menggunakan headset merek tertentu yang merupakan produk dari pengiklan yang sedang bekerjasama dengannya. Kemudian menampilkan tautan menuju situs pengiklan. Sementara untuk soal bayaran biasanya tergantung kesepakatan antara YouTuber dengan pihak pengiklan. Intinya dicara yang kedua ini tidak ada campur tangan dari pihak Google.

Baca Juga: Cara Melihat Penghasilan YouTube Orang Lain

Berdasarkan dua cara diatas maka secara umum dapat disimpulkan bahwa penghasilan YouTuber berasal dari uang yang dibayarkan oleh pengiklan atau sponsor. Baik iklan yang dimaksud diperantarai oleh Google maupun kesepakatan langsung antara YouTuber dan pengiklan tanpa perantara Google.

Itulah sekilas tentang asal uang yang didapatkan oleh seorang YouTuber berdasarkan pengetahuan saya. Jika ada yang salah atau kurang, silahkan beri tanggapan di kolom komentar.
Bagikan Tulisan ini ke:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.