Contoh Program Sederhana Dengan VB 6 Bagian 3 (Menulis Kode Program)


Program Tampil Nama VB6 Kode Program
Setelah pada postingan saya sebelumnya yang berjudul Contoh Program Sederhana Dengan VB6 Bagian 2 yang membahas tentang cara pengaturan Properties objek pada program aplikasi Tampil Nama, maka dipostingan kali ini kita masuk ketahap selanjutnya yaitu tentang cara pembuatan/ penulisan kode program pada project program aplikasi Tampil Nama tersebut.

Tujuan Pembuatan kode program

Pada langkah/ tahap sebelumnya kita telah selesai membuat desain antarmuka dari program aplikasi Tampil Nama. Namun program aplikasi tersebut belum bisa digunakan/ belum berfungsi seperti yang kita harapkan. Ketika kita memasukkan nama pada kotak masukan (txtInputNama) dan menekan tombol OK (cmdOk) maka program aplikasi Tampil Nama tidak akan merespon alias tidak akan menampilkan apa-apa (lblTampilNama tidak menampilkan apa-apa). 
Untuk membuktikannya, klik icon/ tombol Start yang terdapat pada Toolbox untuk menjalankan program aplikasi, lalu masukkan nama anda pada kotak masukan dan klik tombol OK. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Terlihat bahwa Label (lblTampilNama) tidak merespon/ tidak menampilkan apa-apa alias kosong. Agar komputer (program aplikasi Tampil Nama) merespon dan bisa berfungsi/ berjalan sesuai dengan kehendak/ keinginan kita, maka kita harus menanamkan/ menuliskan kode program yang berisi perintah/ instruksi yang dapat dimengerti oleh komputer. Ibaratnya kode program ini adalah bahasa perantara antara manusia dengan komputer atau bisa juga diibaratkan sebagai otak dari program aplikasi yang kita buat.

Menulis Kode Program Aplikasi Tampil Nama.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Klik icon View Code yang terdapat pada jendela Project Expolrer untuk memunculkan Jendela Code.
2. Sekarang kita akan menulis perintah untuk tombol OK (cmdOk).
Caranya klik icon Panah Kebawah lalu pilih/ klik cmdOk.
Hingga VB 6 akan otomatis membuat kode program sendiri seperti gambar dibawah ini.
3. Tambahkan kode program berikut ini.
4. Tes jalankan program aplikasi Tampil Nama dengan cara klik icon Start yang terdapat pada Toolbox.
5. Lakukan pengujian dengan cara masukkan nama anda pada kotak masukan dan klik tombol OK.  Sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.
Sampai disini, tahap penulisan kode program telah selesai.
Selain menggunakan kode program seperti langkah nomor 3 diatas, kita juga bisa menggunakan kode program seperti berikut ini. Perbedaannya hanya terletak pada penulisan/ penggunaan simbol + atau & saja. Dan ketika program aplikasi dijalankan hasilnya tetap sama saja.
Catatan: Selain dengan cara diketik, pembuatan/ penulisan Kode Program bisa juga dengan cara dicopas langsung ke Jendela Code.

Berikut ini kode program aplikasi Tampil Nama, silahkan dicopas.


Penjelasan Kode Program

Penjelasan: Ketika tombol OK diklik (ketika objek CommandButton yang bernama cmdOk dengan statement Sub dalam scope/ ruang lingkup Private mendapatkan event Click)
Penjelasan: Tampilkan kata Halo ditambah dengan nama yang diinputkan (isikan dan tampilkan nilai properties Caption objek Label yang bernama lblTampilNama dengan kata Halo dan/ ditambah nilai property Text txtInputNama)
Penjelasan: Akhir/ penutup dari pernyataan/ procedure yang dibuat.

Cara Menyimpan Project Program Aplikasi Tampil Nama
1. Klik menu File lalu pilih/ klik Save Project As
2. Tentukan folder tempat penyimpanan file, di contoh ini saya menyimpan di folder Latihan VB 6. Untuk file name isikan dengan Tampil Nama. Save as type biarkan tetap Project Files (*.vbp) lalu klik Save.
Cara Membuka File Project Program Aplikasi Tampil Nama:
1. Buka/ klik dua kali folder tempat penyimpanan file project Tampil Nama.
2. Klik dua kali file project Tampil Nama (format file Visual Basic Project).
Sampai disini, program aplikasi Tampil Nama telah komplit dibuat. Namun program aplikasi Tampil Nama ini hanya bisa dijalankan di komputer yang sudah terinstall Microsoft Visual Basic 6.0 saja. Agar program aplikasi ini bisa berjalan di komputer lain yang tidak terinstall Microsoft Visual Basic 6.0 maka kita harus membuat file Exe dan paket installer. Jika ingin mengetahui bagaimana cara membuat file Exe dan Paket Installer dengan VB 6, silahkan ikuti postingan saya berikutnya yang berjudul: Cara Membuat File Exe dan Paket Installer dengan VB6

Baca Juga: Cara Membuat Kalkulator Dengan VB 6
Bagikan Tulisan ini ke:

1 komentar:

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.