Sub4sub Channel YouTube adalah Tindakan Ilegal dan Berbahaya


Ilustrasi Sub4sub di YouTube Adalah Ilegal

Semenjak peraturan YouTube terbaru 2018 khususnya tentang syarat jumlah Subscriber diterapkan, semakin marak saja YouTuber/ content creator khususnya pemula melakukan aktivitas sub4sub di channel mereka. Hal ini wajar terjadi sebab diawal tahun 2018 ini pihak YouTube mengharuskan setiap Channel memiliki 1.000 Subscriber terlebih dahulu sebagai salah satu syarat agar bisa mengikuti Program Partner YouTube dan memonetisasi video. Sementara untuk mendapatkan 1.000 subscriber bukanlah perkara yang mudah bagi YouTuber pemula. Ditambah lagi dengan pengetahuan mereka yang masih minim tentang aturan main di YouTube.

Bagi yang belum tahu apa yang dimaksud dengan sub4sub, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian sub4sub

Sub for sub atau biasa juga ‘ditulis’ sub4sub adalah suatu tindakan untuk saling melakukan Subscribe (saling klik tombol Subscribe) antar sesama YouTuber dengan cara yang tidak alami. Atau bisa juga diartikan sebagai suatu kegiatan pertukaran Subscribe secara buatan.

Jadi intinya mereka melakukan Subscribe bukan disebabkan oleh faktor ketertarikan terhadap konten video yang ditonton namun lebih kepada keinginan agar jumlah Subscriber yang mereka miliki cepat bertambah. Yang pada akhirnya tujuannya adalah agar syarat tentang jumlah 1.000 Subscriber Channel YouTube mereka cepat terpenuhi.

Berikut ini contoh aktivitas penawaran sub4sub yang saya screenshot dari kolom komentar salah satu channel YouTube.
Gambar Screenshot Contoh Aktivitas Sub4sub di YouTube


Lantas, apakah aktivitas/ kegiatan ini ilegal?

Ya, aktivitas ini illegal dan dilarang oleh pihak YouTube.

Aktivitas sub4sub menurut YouTube

Agar lebih yakin, berikut ini saya kutipkan pernyataan dari pihak YouTube tentang permasalahan sub4sub yang saya lansir dari halaman Bantuan YouTube.

Penawaran untuk Subscribe ke Channel pembuat konten lain sebagai pertukaran untuk Subscribe ke Channel Anda, juga disebut "Sub4Sub", tidak diperbolehkan. Pembuat konten yang menawarkan pertukaran seperti ini berisiko kehilangan jumlah Subscriber, menerima teguran Persyaratan Penggunaan, atau bahkan terkena penghentian Channel.

Berdasarkan pernyataan diatas sudah terang dan jelas bahwa aktivitas sub4sub (sub for sub) YouTube adalah tindakan illegal dan dilarang keras oleh YouTube. Bagi yang tetap ngotot melakukannya beresiko akan terkena sanksi berupa berkurangnya jumlah Subscriber, bahkan yang terparah akan terkena penghentian Channel YouTube alias Channel akan dibanned atau disuspend.

Saran untuk YouTuber Pemula

1. Bagi yang masih melakukan sub4sub, mulai dari sekarang berhentilah melakukannya. Mungkin saat ini masih aman dan belum mendapatkan sanksi dari YouTube. Namun percayalah seiring dengan berjalannya waktu dan semakin bertambah 'pintarnya' algoritma YouTube, suatu saat hal ini pasti akan ketahuan juga.

2. Buatlah video yang menarik, unik ,bermanfaat, berkualitas dan yang pasti kontennya original agar penonton tertarik untuk menonton. Jika penonton sudah tertarik, pastilah dengan senang hati dan ikhlas tanpa disuruh, mereka akan men-Subscribe Channel kita dengan sendirinya. Hingga tiba waktunya nanti tidak terasa Channel kita telah memenuhi syarat dan dengan mudah akan diterima menjadi salah satu Partner YouTube tanpa kendala.

Salam YouTuber dan Tetap Semangat!
Bagikan Tulisan ini ke:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.