Contoh Program Sederhana Dengan VB 6 Bagian 1 (Desain Antarmuka)


Setelah mengenal apa itu Microsoft Visual Basic 6.0 (VB 6) dan bagimana bentuk tampilan antarmuka serta beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh IDE Visual Basic 6.0, agar teorinya tidak basi maka pada kesempatan kali ini langsung saja kita masuk kepraktek cara membuat program sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 ini.


Pengenalan Program Sederhana Tampil Nama

Sebagai gambaran, program aplikasi yang akan dibuat/ dijelaskan dalam tutorial ini yaitu berupa program penampil nama yang masih sangat sederhana.
Berikut ini adalah gambar tampilan antarmuka program aplikasi Tampil Nama yang sudah jadi.
Program Sederhana Tampil Nama Dengan VB 6

Berikut ini cara menggunakan program tersebut:
Masukkan nama anda pada kotak masukan, kemudian klik tombol OK, maka program ini akan menampilkan nama anda yang diawali dengan kata sapaan “Halo”, seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Cara Membuat Program Sederhana Penampil Nama

Program sederhana penampil nama ini sebenarnya terbentuk/ terdiri dari sekumpulan tool/ peralatan/ kontrol/ objek (selanjutnya saya sebut sebagai objek saja) yang tersusun sedemikian rupa pada area Form sehingga membentuk tampilan antarmuka program. Objek-objek yang dibutuhkan/ digunakan dalam pembuatan program sederhana penampil nama ini yaitu:
2 buah objek Label,
1 buah objek TextBox, dan
1 buah objek CommandButton.

Berikut ini cara membuat/ mendesain antarmukanya. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Klik dua kali shortcut VB 6 untuk menjalankan program VB6

2. Pastikan pada pilihan Standard EXE lalu klik Open

3. Tempatkan/ Masukkan 1 buah objek Label kedalam Form yang terdapat di jendela Object. 
Caranya klik icon Label yang terdapat di jendela ToolBox.

4. Letakkan objek Label tersebut pada Form yang terdapat di jendela Object.
Caranya arahkan kursor/ pointer mouse ke area Form yang terdapat pada Jendela Objek. klik dan tahan mouse kemudian seret mouse kearah kanan bawah. Sesuaikan lebar dan tinggi objek Label, lalu lepaskan klik mouse. Maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.

Catatan: Selain cara diatas, untuk menempatkan/ memasukkan objek ke dalam Form bisa juga dengan cara klik dua kali pada icon objek yang terdapat pada Toolbox. Maka secara otomatis objek akan berada pada area Form.

5. Sekarang kita akan memasukkan 1 buah objek TextBox kedalam area Form. Langkahnya sama dengan cara memasukkan objek Label seperti yang dijelaskan pada langkah nomor 3 dan nomor 4. Hanya saja kali ini objek yang dimasukkan adalah TextBox.
Biar tidak bingung berikut ini caranya:
Klik icon TextBox yang terdapat pada jendela Toolbox

6. kemudian arahkan kursor pada Form yang terdapat di Jendela Object. Ketika kursor berada pada area Form, klik dan tahan mouse kemudian seret mouse kearah kanan bawah sehingga hasilnya kira-kira seperti gambar berikut ini.

7. Masukkan 1 buah objek CommandButton kedalam area Form.
Berikut ini adalah gambar icon CommandButton yang terdapat pada Toolbox.

8. Letakkan pada area form (ikuti langkah sebelumnya). Sehingga hasilnya seperti gambar berikut ini.

9. Masukkan 1 lagi objek Label.

10. Susun semua objek sehingga hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini.

Sampai tahap ini, desain antarmuka program sederhana Penampil Nama yang kita buat bisa dikatakan sudah selesai. Untuk selanjutnya kita masuk ketahap pengaturan Properties dari masing-masing objek.

Bagaimana caranya?

Bagikan Tulisan ini ke:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar akan dimoderasi sebelum ditampilkan.